Materi TLJ

3.6.1



1.    Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps) , antara server dan client dalam waktu tertentu. Bandwith dapat didefinisikan sebagai kapasitas luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam media transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwith yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth yaitu untuk mengitung transaksi data.


Troughput adalah bandwith yang relatis yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk mentransfer file dengan ukuran tertentu. Bandwidth terbagi menjadi 2, yaitu :

a)   Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume sutu data (dalam satuan per detik (bps)) yang dapat dikirimkan melaui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

b)  Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (Hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.



2.    Kebutuhan Bandwidth dalam Jaringan

Agar penggunaan bandwidth dalam jaringan lebih efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan untuk dirinya, sehingga dapat menghitung atau mempekirakan total bandwidth yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang digunakan semakin besar juga pembayaran bulanan pada ISP.



3.    Analisis Kebutuhan Bandwidth

Contoh menganalisis kebutuhan bandwidth di sekolahan :

Penggunaan internet di sekolahan banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwith minimal 128 kbps. Kalau di sekolah tersebut terdapat 2 Lab komputer masing-masing ruangan terdapat 40 komputer (40 x 2 = 80 komputer). Jadi, kebutuhan bandwith adalah 128 kbps x 80 = 10240 kbps atau 10 mbps.


Bandwidth disebut juga Data Transfer atau Site Traffic adalah data yang keluar masuk ke account anda dalam sebuah layanan sewa space hosting. Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. 


Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita di berikan jatah Bandwidth setiap bulan tergantung seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya Bandwidth ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah Bandwidth yang diberikan.


Analogi yang sangat sederhana yang digunakan untuk memahami bandwidth dan lalu lintas adalah untuk memikirkan jalan raya dan mobil. Bandwidth adalah jumlah lajur di jalan raya dan lalu lintas adalah jumlah kendaraan bermotor di jalan raya. Jika Anda adalah satu-satunya mobil di jalan raya, Anda dapat melakukan perjalanan dengan sangat cepat. Jika Anda terjebak di tengah-tengah jam sibuk, Anda mungkin perjalanan sangat lambat karena semua jalur sedang digunakan. Lalu lintas hanyalah jumlah bit yang ditransfer pada koneksi jaringan.

Throughput

Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file. Berikut adalah rumus dari bandwidth:

                                    bandwidth = Σ bits

                                                            s

Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. Berikut adalah formula pembanding throughput dengan bandwidth:


                                    waktu _ download _ terbaik = ukuran _ file

                                                                                    Bandwidth


                                    waktu _ download _ typical = ukuran _ file

                                                                                    throughput

Sayangnya, throughput karena banyak alasan, kadang sangat jauh dari bandwidth maksimum yang mungkin dari suatu media. Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah:


• Piranti jaringan

• Tipe data yang ditransfer

• Topologi jaringan

• Banyaknya pengguna jaringan

• Spesifikasi komputer client/user

• Spesifikasi komputer server

• Induksi listrik dan cuaca

• Dan alasan-alasan lain.

Lalu bagaimana bandwidth ini dihitung dan bagaimana mengukurnya dapat di ilustrasikan sebagai berikut :

Ketika anda menerima atau mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima dikirim adalah sebesar 10 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 100 MB (100.000 KB) anda bisa *kirim* 10.000 email atau berbagai variasi antara kirim dan terima, misalnya 3.000 kirim, 7.000 terima.

Contoh diatas hanya jika account digunakan untuk mengirim dan menerima email, begitu juga jika hosting anda dimanfaatkan untuk membuat website atau blog yang selalu dikunjungi oleh pengguna internet, maka besarnya file untuk mengakses (download) halaman website anda yang dilakukan oleh pengunjung itu juga dihitung memakan atau mengurangi batasan bandwitdth anda. Semakin banyak orang membuka website anda maka semakin besar pula Bandwidth yang anda butuhkan.

Bandwidth atau Site Traffic pada sewa hosting tergantung dari 2 faktor:

Besar file dalam website anda.  Semakin besar file yang akan diakses oleh pengunjung website anda, maka semakin besar kebutuhan bandiwdth anda.

Popularitas website anda. Semakin populer website anda, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan melihat website anda dan semakin besar pula kebutuhan bandiwdth hosting anda.

Ada rumusan sederhana yang bisa digunakan untuk memperkirakan berapa kebutuhan bandwidth bagi website yaitu :

Rata-rata pengunjung setiap hari x Rata-rata halaman web dilihat x Rata-rata ukuran file halaman web x 31 x Fudge Factor

Rata-rata pengunjung setiap hari – jumlah pengunjung yang anda perkirakan mengunjungi website anda secara rata-rata setiap harinya.

Rata-rata halaman web dilihat – Secara rata-rata, jumlah halaman web yang anda perkirakan akan dilihat pengunjung. Jika anda memiliki 50 halaman web maka rata-rata setiap pengunjung akan melihat 5 halaman web anda dalam satu kali kunjungan.

Rata-rata ukuran file halaman web – Rata-rata ukuran halaman web anda, dalam Kilobyte (KB). Jika anda sudah melakukan desain web anda, anda bisa langsung menghitung berapa ukuran per halamannya.

Berapa banyak bandwidth yang dibutuhkan?

Itu tergantung Tapi sebenarnya, memang Karena bandwidth adalah penentu signifikan harga hosting, Anda harus meluangkan waktu untuk menentukan seberapa banyak yang tepat untuk Anda. Hampir semua paket hosting memiliki persyaratan bandwidth diukur dalam bulan, jadi Anda perlu memperkirakan jumlah bandwidth yang akan dibutuhkan oleh situs anda secara bulanan . jika anda tidak bermaksud untuk menyediakan kemampuan download File dari situs anda, rumus untuk menghitung bandwidth cukup mudah , yaitu:

 [Rata-rata harian pengunjung  X rata-rata page views X rata-rata    ukuran halaman  X 31 X Fudge Factor


Jika Anda berniat untuk memungkinkan orang untuk men-download file dari situs Anda,perhitungan bandwidth harus

[Rata-rata harian pengunjung  X rata-rata page views X rata-rata    ukuran halaman ) + (Rata-rata harian Download File x Rata-rata Ukuran File)] x 31 x Fudge Factor


·         Rata-rata harian Pengunjung - Jumlah orang yang Anda harapkan untuk mengunjungi situs Anda, secara rata-rata, setiap hari. Tergantung pada bagaimana anda memasarkan situs Anda, jumlah ini dapat dari 1 sampai 1.000.000.

·         Tampilan Halaman Rata-Rata - Rata-rata, jumlah halaman web yang Anda mengharapkan orang untuk melihat. Jika Anda memiliki 50 halaman web dalam situs web Anda, rata-rata orang hanya dapat melihat 5 dari halaman tersebut setiap kali mereka kunjungi.

·         Rata Page Ukuran - ukuran rata-rata halaman web anda, dalam Kilobyte (KB). Jika Anda telah mendesain situs Anda, Anda dapat menghitung ini secara langsung.

·         Rata-rata harian Download File - Jumlah download yang Anda harapkan terjadi di situs Anda. Ini adalah fungsi dari jumlah pengunjung dan berapa kali seorang pengunjung mendownload sebuah file , rata-rata setipa hari. Rata-rata ukuran file file yang di-download dari situs Anda Mirip dengan halaman web Anda, jika Anda sudah tahu file mana yang bisa didownload, anda dapat menghitung ini secara langsung.

·         Fudge Factor - Sejumlah lebih besar dari 1. Menggunakan 1,5 akan aman, yang mengasumsikan bahwa perkiraan Anda dinonaktifkan oleh 50%. Namun, jika Anda sangat tidak yakin, Anda dapat menggunakan 2 atau 3 untuk memastikan bahwa kebutuhan bandwidth anda lebih dari terpenuhi. Biasanya, paket hosting menawarkan bandwidth dalam istilah Gigabytes (GB) per bulan. Inilah mengapa rumus kita mengambil rata-rata harian dan mengalikan mereka dengan 31.


Bandwidth internet Up To

Bandwidth dalam koneksi internet adalah kecepatan transmisi data yang keluar dan masuk dari jenis koneksi yang kita pakai ke internet. Sering kita mendengar istilah bandwidth up to, misal Up To 1 Mbps. Bandwidth Up To pengertiannya adalah bandwidth maksimal yang dapat dicapai dengan ketentuan ketika trafik jaringan tidak padat atau ada jalur yang kosong yang dapat dipakai.

Penggunaan bandwidth Up To tergantung dengan trafik jaringan dan jumlah pemakai bandwidth sejenis. Sehingga belum tentu user akan mendapat bandwidth misal 1 Mbps, sebab tidak dapat diperkirakan kondisi trafik dan jumlah pemakai bandwidth serupa. Jadi jangan terkecoh jika ada banyak penawaran akses internet dengan bandwidth up to yang tinggi, dengan harga murah dan tanpa disertai penjelasan batas minimal kecepatan yang diperoleh serta perbandingan jumlah pemakai. Belum tentu kita dapat mencapai bandwidth tersebut. Baiknya provider / penyedia akses internet memberikan transparansi tentang perbandingan jumlah pemakaian dan limit bandwidth / bandwidth minimal yang akan diperoleh.

Menghemat bandwidth lewat e-mail :

Hindari Spam , Bombing.

Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama, biasanya spam berisi penawaran informasi, produk, jasa dll yang tidak kita butuhkan. Sedangkan email bombing adalah pengiriman email dengan subject sama secara bertubi-tubi dengan maksud mailbox penerima cepat penuh.

Jangan memforward email tanpa di edit.

seringkali ada berita bagus yang perlu diteruskan ke orang lain, jika si penerima masih manual, pesan yg di forward itu setiap line akan dihiasioleh banyak tag, gambar animasi dll. Usahakan tag-tag itu dibuang dulu agar email kelihatan rapi dan beban bandwidth tidak besar, karena semakin banyak isi sebuah email, maka bandwidth juga semakin mahal.

Body reply jangan dikirim semua

Lama-lama email yang kita reply akan tertambah sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali kita membalas email, seluruh email yang akan kita balas kita kirimkan lagi. Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body email yang akan kita reply. Sisakan kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.

Jangan tanggapi email tidak jelas

Cek ulang sebelum di send

Setelah email rapi ditulis, luangkan waktu untuk mengecek ulang ejaan, susunan kalimat dan kalau perlu tata bahasanya. Sebab sekali tombol “send” kita klik, tidak bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya langsung terkirim ke recipient dalam hitungan detik. Gunakan bahasa yg pas, hemat dan tepat sasaran. Semakin bnyk tata bahasa, semakin bertambah beban KB email, semakin banyak bandwitch yang digunakan

Tips menghemat bandwidth selain by email adalah (jika anda semua pengguna IE/Internet Explorer dan Firefox), yaitu : menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound.

Kebutuhan bandwidth untuk video conferencing

Bandwidth untuk video

Sebuah video standar telekonferensi video memerlukan sambungan minimal 384 kilobit per detik untuk 30 frame per detik memungkinkan serangan format umum menengah. Sambungan Common Intermediate Format (CIF) adalah resolusi video tertentu dari 352 x 288 piksel. Ini adalah ukuran video kecil yang tidak cocok untuk banyak bisnis. Untuk format 4CIF (resolusi piksel 704 x 576), koneksi membutuhkan bandwidth 512 kilobit per video lebih lambat (antara 15 dan 30 frame per detik) atau 768 kilobit per detik bandwidth untuk tepat 30 frame per kedua. Untuk mendapatkan video definisi tinggi pada 30 frame per detik, bandwidth dua megabit per detik.

Panggilan video Simultan

Sebuah perusahaan atau keluarga dengan lebih dari satu komputer bisa membuat lebih dari satu video conference pada saat yang sama. Ini akan mengubah jumlah bandwidth yang tersedia untuk setiap video. Sebagai contoh, jika jaringan hanya memiliki satu koneksi megabit kedua untuk dua orang, Anda tidak bisa membuat dua koneksi untuk konferensi video definisi tinggi. Hal ini karena secara total Anda akan memerlukan dua megabit per sambungan kedua untuk memenuhi dua yang terpisah megabit per detik koneksi yang diperlukan. Beberapa perusahaan menghindari kebutuhan untuk beberapa perencanaan videoconference satu per satu.

Format Baru

Setiap tahun, format baru dikembangkan dalam upaya untuk mengurangi kebutuhan bandwidth untuk video conferencing. Perusahaan ini telah mengadopsi teknologi kompresi video Polycom baru yang disebut H.264 video dalam upaya untuk mengurangi persyaratan ini hingga 50 persen. Teknologi ini dapat mengurangi kebutuhan untuk full-motion video konferensi video definisi tinggi 512 kilobit per detik, dengan video berkualitas DVD dari 128 kilobit per detik. Dengan jenis format video dan perbaikan lebih lanjut di masa depan, ini dapat memungkinkan lebih banyak pengguna untuk memasukkan konferensi video ke dalam bisnis dan kehidupan pribadi. 




Soal & Jawab 

1. Luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi adalah ….
A. Switch
B. Router
C. Bandwidth 
D. Personal komputer
E. NIC

2. Suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi adalah pengertian bandwidth dalam ilmu ….
A. Ilmu komputer 
B. Ilmu pengetahuan alam
C. Ilmu pengetahuan sosial
D. Ilmu hukum
E. Ilmu sejarah

3. Frekuensi sinyal bandwidth diukur dalam satuan ….
A. Gigabyte
B. Hertz 
C. Bps
D. Kilobyte
E. Menit

4. Jenis bandwidth biasanya diukur dalam satuan ….
A. Gigabyte
B. Hertz
C. Bps 
D. Kilobyte
E. Menit

5. Bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu adalah ….
A. Digital bandwidth
B. Modem digital
C. Analog bandwidth
D. Throughput 
E. Modem analog

6. Berikut faktor yang menentukan badwidth dan throughput, kecuali ….
A. Tipe data yang di transfer
B. Topologi jaringan
C. Peranti jaringan
D. Jumlah data 

7. Ada berapa jenis bandwidth ….
A. Lima
B. Tiga
C. Enam
D. Dua 

8. Perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan hertz atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransmisikan dalam suatu saat adalah ….
A. Digital bandwidth
B. Modem digital
C. Analog bandwidth 
D. Throughput

9. Jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per sekon tanpa distorsi adalah ….
A. Digital bandwidth 
B. Modem digital
C. Analog bandwidth
D. Throughput

10. Induksi listrik dan cuaca merupakan faktor yang mempengaruhi ….
A. Sinyal
B. Bandwidth
C. Throughput
D. Bandwidth dan throughput 



3.7.1 


Apa yang dimaksud Softswitch ?

Softswitch merupakan entitas berbagai software yang menjadikan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP (Internet Protocol). Softswitch diperkenalkan dan dikembangkan oleh International Softswitch Consortium (ISC), yang identik dengan sebuah alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk didalamnya adalah jaringan Public Switch Telephone Network (PSTN), Internet yang berbasis IP, TV Kabel atau Smart TV hingga jaringan seluler melalui gawai.

Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, yakni mampu memberikan layanan tripel play sekaligus, dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi berbasis IP. Softswitch lebih dikenal saat ini dengan istilah IP-PBX dan jaringan komunikasi di masa yang akan datang jelas akan terbagi menjadi dua yaitu teknologi jaringan PSTN dan VoIP.



Fungsi Softswitch


Fungsi softswitch sebagai berikut :

a. Memiliki Fungsi Switching

Teknik switching merupakan salah satu komponen terpenting dalam jaringan telekomunikasi. Dengan switching, komunikasi point-to-point dapat dilakukan tanpa harus menghubungkan langsung antara kedua node tersebut. Selain untuk melakukan switch (menghubungkan) satu dengan yang lainnya untuk node IP, juga softswitch dapat menghubungkan dan memutuskan antara IP-PBX dengan PSTN, untuk mengatur lalu lintas berupa data, suara dan video.

b. Fungsi Kontrol

Fungsi kontrol pada teknologi softswitch dilakukan oleh Media Gateway Controller (MGC) yang bekerja untuk mengarahkan, memvalidasi dan menyediakan akses bagi pengguna, serta membuat rute pensinyalan ke jaringan PSTN.

c. Fungsi Pensinyalan 

Signalling yang dilakukan antar MGC menggunakan protokol Magaco, H.323 dan SIP. Protokol tersebut menjamin kerja sistem secara optimal. Signalling antara PSTN dengan IP menggunakan jaringan point-to-point.

d. Fungsi Interface

Softswitch memiliki interface yang disebut dengan Application Programming Interface (API) yang membuatnya mampu untuk menambahkan atau mengembangkan server-server yang digunakan untuk menambahkan layanan baru.


Komponen Softswitch

Softswitch terdiri atas komponen-komponen berikut :

1. Media gateway controller (MGC) atau Call Agent

Biasa juga disebut sebagai komponen Call Agent. MGC atau Call Agent merupakan komponen utama dari softswitch yang berfungsi untuk meninjau semua bagian dari komunikasi yang terjadi serta mengatur elemen-elemen jaringan lain serta menjembatani jaringan yang berbeda yang diantaranya adalah PSTN, SS7 dan IP Address Jaringan.

2. Aplication Server (AS)

Aplication server adalah sebuah entitas dari proses eksekusi aplikasi. Fungsi dari Aplication Server adalah berperan sebagai eksekutor layanan seperti contoh OSS dan NMS.

3. Media Server

Softswich harus dapat mengatur trafik panggilan dengan minimal 4 juta BHC (Bussiness Hosted Communications), setiap penambahan trafik maka diperlukan update kapasitas dari Media Server Softswitch, agar trafik dapat berjalan normal. Kapasitas dari sistem ini biasanya di desain dalam bentuk modular.

4. Feature Server

Fitur dari aplikasi softswitch juga bisa meningkatkan performa dari pelayanan komunikasi, sehingga harus diperhatikan dalam sisi kualitas.

5. Operating Support System (OSS)

Pemilihan Sistem Support dari sistem operasi yang digunakan menjadi mutlak diperhatikan, agar softswitch dapat berkerja secara normal dan tidak banyak perbaikan.


Cara kerja 

1. Softswitch, customer gateway dan IP telephone mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakan protokol telepon, seperti H.323 dan SIP.

2. Setelah sinyal diterima, softswitch akan mengidentifikasi panggilan masuk yang berasal dari PSTN atau jaringan IP.

3. Jika pihak yang dipanggil menggunakan IP, maka softswitch akan mengintruksikan customer gateway sumber dan customer gateway tujuan untuk membuat rute secara langsung yang masih dalam jaringan LAN/MAN/WAN

4. Bila yang dipanggil menggunakan jaringan PSTN, maka softswitch akan mengintruksikan Originating customer gateway untuk membuat rute menuju Media Gateway (MG) yang berhubungan antara lokal dengan sentral trunk dan MG bekerja seiring dengan SG.

5. Salah satu contoh implementasi softswitch adalah VoIP atau telepon melalui internet.


Fitur Softswitch yang harus diperhatikan 

1. Proses dial yang cepat (Abreviated Dialing)

2. Proses menghubugnkan yang cepat (Call Forwarding)

3. Proses menunggu proses panggilan (Call Waiting Cancel)

4. Mengidentifikasi panggilan (Calling Line Indetification Presentase)

5. Proses menunggu pemanggilan lain (Clip On Call Waiting)

6. Multi proses pemanggilan (Conterence Call)

7. Menjaga kualitas panggilan (Confrex)



Soal & Jawab 

1. Sebuah kumpulan dari beberapa instruksi ekstensi pada dial-plan yan mempunyai beragam kegunaan disebut..
a. Context 
b. Content
c. Create
d. Asterisk
e. Softswitch

2. Berikut ini contoh instalasi client, kecuali..
a. Analog 
b. Klik Add
c. Isi username dan password dengan user account
d. Instal program X-Lite 3.0 pada PC
e. Isi display name dengan nama sesuai keinginan

3. SIP adalah..
a. Sebuah alur telepon yang dibentuk berupa koneksi data dengan pensinyalan VoIP 
b. Sebuah jalur digital biasanya dikirim dari sebuah multiplexer fiber
c. Sebuah jalur telepon analog yang tersedia di rumah
d. Sebuah jalur koneksi Asterisk server dengan jalur telepon yang berasal dari
PSTN

4. Fungsi dari dial-plan pada konfigurasi ekstensi adalah..
a. Routing panggilan antar ekstensi 
b. Mengambil data
c. Menghapus data
d. Memproses data

5. Dial (Zap/1,10,m) adalah contoh dari..
a. Dial dengan argumen destination, timeouts, dan option string 
b. Dial dengan timeouts
c. Dial dengan argument destination
d. Dial dengan option string

6. Yang termasuk dari tiga komposisi grup ekstensi adalah..
a. Priority
b. Aplikasi 
c. Patten matching
d. Context

7. Suatu sistem komunikasi NGN yang menggunakan standar terbuka untuk membuat jaringan terintegrasi dengan memadukan kemampuan layanan yang intelegence dalam menangani Traffic Voice data dan multimedia secara lebih efisien dan dengan potensi nilai tambah layanan yang jauh lebih besar dari pada PSTN. Softswitch lebih dikenal sebagai IP-PBX adalah definisi dari..
a. Xlite
b. Softswitch 
c. voIP
d. briker

8. Berikut ini yang termasuk dari konfigurasi IP-PBX administration adalah..
a. Konfigurasi dial-plan
b. Konfigurasi trunk 
c. Pattern matching
d. Konfigurasi data account

9. Merupakan data account yang akan digunakan oleh extension agar terhubung dengan IP PBX ini disebut juga..
a. Trunk
b. Extension 
c. Dial-plan
d. Gateway

10. Applications adalah..
a. Sebuah alur telepon yang dibentuk berupa koneksi data dengan pensinyalan VoIP
b. Sebuah aksi yang dilakukan oleh ekstensi 
c. Sebuah kumpulan dari beberapa instruksi ekstensi pada dial-plan yan mempunyai beragam kegunaan
d. Sebuah perintah yang harus dijalankan dalam ekstensi


3.8.1

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon.

Kebutuhan perangkat VoIP

          - Hub

          - Router

          - ADSL Modem

          - VoIP phone Adaptor

Konsep kerja server Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu mampu memberikan layanan triple play sekaligus dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi yang berbasis IP.

Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal adalah bagian software yang mengatur call processing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalam bentuk paket maupun circuit. Industri pertelekomunikasian menyimpulkan cara yang terbaik adalah dengan memisahkan fungsi call processing dari fungsi switching secara fisik dan menghubungkan keduanya melalui suatu protocol standar tersendiri.


Diagram Komunikasi VoIP

1. Diagram VoIP 

2. Proses kerja dalam komponen diagram VoIP

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.


Bagan dan Konsep Kerja PBX pada server Softswitch

1. Pengertian PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut

2. Proses kerja PBX server softswitch

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.




Soal & Jawab 

1. VoIP adalah tekknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Kepanjangan dari VOIP adalah..
a. Vois oper Internet Protocol
b. Voice oper Internet Protokol
c. Voice over Internet Protocol 
d. Vois over Internet Protokol


2. Yang tidak termasuk dari packet-switched adalah..
a. Tiap elemen router di jaringan internet akan merutkan masing-masing paket ke elemen router berikutnya hingga samapai tujuan
b. Tidak ada jalur dedicated end-to-end sebelum pentransmisian informasi
c. Biasanya masing-masing paket dengan tujuan yang sama, akan melewati jalut yang berbeda, sehingga di tempat tujuan tidak ada dalam waktu yang sama
d. Bisa menekan biaya percakapan 

3. Suatu rencana penomoran menentukan struktur dan penggunaan nomor-nomor telepon yang digunakan untuk panggilan telepon disebut..
a. Packet loss
b. Numbering plan 
c. Signalling problem
d. Internet Protocol

4. TPCP/IP singkatan dari..
a. Transfer Control Protocol/Internet Protocol 
b. Transformation Control Protocol/Internet Protocol
c. Transfer Control Program/Internet Program
d. Transmission Control Protocol/Internet Protocol

5. Pada tahun berapakah teknologi VoIP berkembang?
a. 1998
b. 1990
c. 1996
d. 1995 

6. Berikut ini yang termasuk level media pada kerja VoIP adalah..
a. Terdiri dari macam-macam pemrosesan level media
b. Layanan voice over data yang dilewatkan protocol media tranpor, seperti TRP
c. Semua komponen dalam sebuah arsitektur VoIP harus beroperasi dengan menggunakan standard (H.323/SIP)
d. Benar semua 

7. Sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu lembaga/perusahaan dalam melayani komukasi internet perusahaan disebut..
a. IP-PBX
b. PBX 
c. URL
d. UDP
e. PSTN

8. Yang tidak termasuk dari standar H.323 adalah..
a. Video codec
b. Sistem control unit
c. Audio codec
d. POTS 

9. VoIP server adalah..
a. Salah satu standard dari rekomendasi ITU-T
b. Salah satu protocol utama di atas IP yang merupakan protocol transport yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP
c. Bagian utama dalam jaringan VoIP 
d. Suatu protocol persinyalan pada layer aplikasi yang berfungsi membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna

10. Yang termasuk bagian dari delay yang dapat mengganggu kualitas suara dalam VoIP adalah..
a. Serialization delay
b. Queuing delay
c. Processing delay
d. Benar semua 



3.9.1

PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.


PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN – public switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office). Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh karena itu, telepon dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet.


Awalnya, keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular. Layanan awal yang disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call forwading, dan extension dialing (misal: 4632). Barulah pada tahun 1960, PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex. Centrex juga melayani fitur serupa dengan PBX yang berasal dari pusat jaringan telepon.


PBX dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor eksternal. Namun, sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO – direct dial central office), dan diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.


Proses Kerja PBX Server Softswitch

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.


IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP




 Soal & Jawab 


1. SIP dikembangkan oleh ….

A. ISC

B. MGC

C. IPCC

D. IETF 

E. ITU


2. VoIP yang dibutuhkan untuk menghubungkan beberapa titik komunikasi server adalah ….

A. Softphone

B. VoIP server 

C. VoIP switch

D. Proses codec

E. VoIP gateway


3. Perangkat telepon dalam bentuk software adalah ….

A. Softphone 

B. VoIP server

C. VoIP switch

D. Proses codec

E. VoIP gateway


4. Digunakan untuk menghubungkan antara jaringan H.323 dan jaringan H.323 sebagai dua jenis jaringan yang berbeda adalah ….

A. Softphone

B. VoIP server

C. VoIP switch

D. Proses codec

E. VoIP gateway 


5. Bekerja menggunakan algoritma tertentu untuk membantu dalam memecah, mengurutkan, mengkompresi, dan merakit ulang audio data yang ditransmisikan adalah ….

A. Softphone

B. VoIP server

C. VoIP switch

D. Proses codec 

E. VoIP gateway


6. Penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau untuk area yang lebih luas adalah ….

A. Softwitch

B. PBX 

C. VoIP

D. MG

E. SG


7. Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi merupakan fungsi dari ….

A. Softwitch

B. PABX

C. PBX 

D. VoIP

E. MG


8. Perangkat penyambungan komunikasi telepon yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan sambungan telepon merupakan pengertian dari ….

A. Softwitch

B. PABX 

C. PBX

D. VoIP

E. MG


9. PABX yang berbasiskan IP Address dalam proses komunikasinya adalah ….

A. PABX digital

B. PABX analog

C. PABX hybird

D. COT

E. IP-PBX 


10. PABX yang mempergunakan pesawat digital untuk ekstensinya adalah ….
A. PABX digital 
B. PABX analog
C. PABX hybird
D. COT
E. IP-PBX



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi AIJ